Wednesday, June 3, 2009

Jangan Lengah!!

Alkisah di negara bagian Tiongkok, hiduplah seorang perdana mentri tua yang bijaksana. Ia memerintah dengan bijaksana sehingga raja senang dengannya.
Suatu hari datang seorang tua ke rumah perdana mentri itu. Orangtua itu bertanya kepada sang perdana mentri,”Tahukah anda bahwa ada 3 hal yang dibenci orang?”. Sang perdana mentri menjawab,”Tidak,saya tidak tahu.Katakanlah.”
”Jika pangkatmu tinggi,yang lain akan iri. Jika kekuasaanmu besar, pejabat lain akan membencimu. Jika kamu kaya raya, akan selalu timbul kebencian.” Jawab orang tua tersebut.

Kemudian sang Perdana mentri merenung dan bertekad,”Makin tinggi pangkatku,makin rendah hatiku. Makin besar kekuasaanku,makin cermat diriku. Makin kaya diriku, makin murah hatiku. Bertindak seperti ini, mungkin saya bisa terhindar dari 3 alasan kebencian orang.”
Dan kemudian sang perdana mentri melanjutkan kehidupan dan pekerjaannya hingga ia semakin tua dan mulai menjelang ajal.

Diatas kasurnya, sang perdana mentri tua berwasiat kepada anak-anaknya,”Setelah aku mati, raja pasti akan menawarimu sebuah anugrah / hadiah sebagai penghormatan atas diriku. Jangan menerima tanah yang secara strategia amat berguna. Pilihlah tanah tah berguna bernama bukit kuburan. Tempat tersebut memang tidak seberapa berguna, tetapi dapat dimiliki lama.”
Dan tak lama kemudian sang perdana mentri wafat. Sesuai perkiraan sang perdana mentri, raja menawarkan hadiah berupa tanah yang sangat subur dan berguna kepada anak-anak sang perdana mentri tersebut, tetapi sesuai wasiat ayahnya, anak-anak tersebut memilih tanah bernama bukit kuburan sebagai hadiah mereka.

Bertahun-tahun kemudian, para pejabat mulai berebut kekuasaan dan tanah sehingga mereka mulai berperang satu sama lain, termasuk memperebutkan tanah yang berguna yang pernah ditawarkan raja kepada keturunan mantan perdana mentri. Akibatnya, negara tersebut menjadi kacau balau. Rajapun marah besar, dihukum matilah semua pejabat yang berperang beserta sanak keluarga mereka. Sementara itu, keluarga perdana mentri hidup berkecukupan dan tinggal di bukit kuburan tersebut hingga bergenerasi-generasi berikutnya.

Pesan moral:
Memiliki kedudukan yang tinggi, kekuasaan yang besar dan kekayaan adalah impian setiap orang. Raihlah hal itu dengan jalan yang benar, manfaatkanlah untuk kebahagiaan keluarga dan orang-orang di sekitar kita. Tapi jangan lengah! Waspadalah agar kebahagiaan tersebut tidak berbalik menjadi sebuah penderitaan.

No comments:

Post a Comment